Sendi kaku? Waspadai Gangguan Kesehatan Sendi dan Tulang Arthritis

Arthritis merupakan gangguan kesehatan sendi yang dapat menyebabkan sendi sulit digerakkan dan bagian luar tubuh yang melapisi sendi tersebut memerah dan membengkak. Bagian tubuh yang rentan mengalami arthritis yaitu lutut, lengan, dan persendian di antara jari. Gangguan kesehatan sendi dan tulang ini seringkali membuat penderitanya sulit menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jangan berpikir hanya lansia saja yang berisiko mengalami hal ini, karena ternyata orang di usia muda pun banyak yang mengalaminya. Sebelum terlambat, sebaiknya ketahui dulu penyebab arthritis berikut ini.

  1. Kelebihan berat badan

Arthritis dapat disebabkan karena sendi menerima beban tubuh yang terlalu berat. Tak heran, penderita obesitas biasanya juga mengidap penyakit sendi ini. Bagian sendi yang sering nyeri biasanya lutut dan pinggul. Milikilah berat badan yang ideal. Karena jika lemak di tubuh berlebih, jaringan-jaringannya akan membentuk protein dan justru memperparah peradangan pada sendi.

  1. Jarang berolahraga

Sangat bagus jika kamu telah memiliki kebiasaan berolahraga secara rutin. Orang yang jarang berolahraga pasti merasa nyeri sendi ketika berolahraga pertama kali. Nyeri sendi yang dialami tidak seharusnya menjadikan kamu berhenti berolahraga lagi karena olahraga inilah yang dapat menghilangkanya. Ketika berolahraga sendi mendapat pelumas untuk kemudahan menggerakkan tubuh.

  1. Posisi duduk salah

Posisi duduk yang salah juga menjadi pemicu gangguan kesehatan mental. Karyawan kantor rentan mengalami arthritis karena biasa duduk seharian di depan komputer. Tubuh yang jarang digerakkan justru berpotensi mengalami gangguan sendi dan tulang. Lakukanlah gerakan seperti peregangan otot agar kesehatan sendi terjaga.

  1. Olahraga high impact

Ada satu jenis olahraga yang justru harus dihindari karena dapat menyebabkan masalah sendi. Olahraga tersebut adalah jenis olahraga high impact atau olahraga berlebihan. Olahraga high impact sering menjadi penyebab para atlet menderita arthritis. Orang biasa juga berpotensi mengalami gangguan sendi jika melakukan olahraga high impact seperti lari maraton.

  1. Merokok

Ternyata merokok juga dapat memengaruhi kesehatan sendi dan tulang. Sebuah jurnal tentang penelitian arthritis mengatakan wanita perokok rentan mengalami salah satu jenis arthritis, yaitu rheumatoid arthritis. Arthritis jenis ini menyebabkan sendi terasa nyeri dan bengkak.

Itulah penyebab penyakit sendi arthritis. Hanya karena usia masih tergolong muda lantas kamu mengabaikan gangguan kesehatan sendi dan tulang ini. Menjaga gaya hidup sehat dan rutin berolahraga merupakan langkah yang tepat untuk melakukannya.

Start the Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*