Rajin Olahraga untuk Sendi dan Tulang Aktivitas pun Jadi Lancar

Tulang dan sendi merupakan komponen tubuh yang harus dijaga kesehatannya agar bisa bergerak dengan bebas dan nyaman tanpa gangguan rasa nyeri. Selain pemenuhan nutrisi yang cukup untuk tulang dan sendi seperti vitamin, kalsium, magnesium dan lain-lain, melakukan olahraga untukĀ  sendi dan tulang dengan rajin bisa menjadi cara yang ampuh untuk merawat kesehatan keduanya.

Setelah memasuki usia kepala 20 an kepadatan tulang berangsur menurun. Kondisi ini sangat berbanding terbalik ketika masih muda, dimana proses pergantian tulang lama dan baru berlangsung cepat. Hal ini menyebabkan tulang akan mudah keropos dan retak. Begitu juga dengan kekuatan sendi yang semakin menua akan semakin rentan dengan peradangan. Maka dari itu riset kesehatan menyarankan bahwa olahraga untuk sendi dan tulang dibawah ini bisa membantu meningkatkan kualitas sendi dan tulang.

  1. Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga kardio yang menyenangkan. Selain Anda bisa sambilĀ  menikmati angin, olahraga satu ini dapat memperkuat otot kaki, tulang kaki dan sendi bagian lutut.

  1. Jogging

Jika ada pertanyaan tentang olahraga apa yang paling murah maka jogging adalah jawabannya, jogging bisa dikerjakan dimanapun tanpa harus menguras dompetmu. Melakukan jogging 4 kali seminggu dapat memperkecil resiko patah tulang. Namun, untuk melakukan jogging harus disesuaikan dengan kekuatan tubuh masing-masing.

  1. Hiking

Pada saat olahraga hiking pasti Anda akan menemukan jalan yang menanjak dan menurun, pada saat inilah kekuatan otot kaki akan dikerahkan untuk melewati jalan itu. Namun hal ini bisa berdampak baik untuk peningkatan kepadatan tulang belakang dan pinggul.

  1. Berdansa

Berdansa juga termasuk olahraga yang mampu untuk memberikan tekanan cukup baik pada tulang dan kelenturan sendi.

Menjaga kesehatan tulang dan sendi sebaiknya dilakukan sejak usia dini untuk menghindari resiko keroposnya tulang dan peradangan pada saat tua nanti. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa melakukan olahraga untuk sendi dan tulang sejak usia anak-anak akan memiliki kepadatan tulang lebih baik dibandingkan dengan orang yang kurang melakukan olahraga.

Start the Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*