Nyeri Lutut Kambuh, 3 Makanan Ini Bisa Meredakannya

Nyeri lutut merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh banyak orang berumur. Di Indonesia sendiri berdasar badan riset kesehatan setidaknya diagnosis dan  gejala terkait penyakit sendi bisa mencapai 24,7 persen.  Pengobatan yang seringkali dilakukan adalah dengan pemberian obat-obatan jenis steroid, selain itu anjuran untuk menurunkan berat badan dan aktif bergerak pun menjadi dua hal yang perlu dilakukan.

Namun sebenarnya ada tindakan lain yang perlu anda ambil untuk meringankan rasa nyeri pada lutut tersebut. Salah satu jenis tindakannya adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti misalnya:

  1. Kedelai dan olahannya

Salah satu kandungan yang terdapat dalam kedelai adalah isoflavon. Kandungan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang emmang terbukti bisa mengurangi rasa sakit di lutut. Sebuah penelitian di Oklahoma State university pun membuktikan bahwa orang yang setiap hari mengonsumsi protein kedelai selama tiga bulan secara perlahan mulai mengurangi dosis obat nyeri lutut yang dikonsumsi.

  1. Buah-buahan

Penelitian di Australia yang dilakukan terhadap 293 orang dewasa membuktikan bahwa orang yang rajin mengonsumsi buah-buahan ternyata dapat mengurangi resiko terkena lesi sumsum tulang. Sebagai informasi, lesi sumsum merupakan tanda seberapa parah osteoartritis dan nyeri lutut yang sedang diderita. Beberapa buah sumber vitamin C yang dianjurkan antara lain jeruk, mangga, kiwi dan pepaya.

  1. Konsumsi ikan

Kandungan omega-3 pada ikan terbukti mampu menghalau berbagai jenis bahan kimia yang dapat menyebabkan peradangan pada lutut. bahkan beberapa penelitian pun juga sudah menujukkan bahwa baik ikan maupun minyak ikan cukup efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan kaku pada sendi penderita. Mengonsumsi dua ikan makarel atau salmon setiap minggu dipercaya dapat membantu menjaga tulang rawan lutut dan mengurangi rasa nyerinya.

Meskipun ketiga hal diatas bisa membantu meringankan rasa nyeri tak ada salahnya anda juga mulai merubah pola hidup  secara keseluruhan untuk pencegahan kedepannya. Kebiasaan malas bergerak seperti yang dilakukan orang-orang bisa membuat radang sendi menjadi semakin parah. Jadi ada baiknya anda juga mulai rajin berolahraga untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Start the Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*