Cegah Radang Sendi Lutut, Ini Hal yang Harus Anda Lakukan

Seiring beerjalannya waktu, maka bukan cuma umur dan wajah saja yang menua, begitu juga dengan sendi dan otot anda. Ketika memasuki usia 30 tahun, wajar jika mulai terjadi penurunan hormon dan massa otot. Kondisi ini secara tak langsung pun bisa mempengaruhi tingkat stabilitas sendi lutut anda.

Permasalahan sendi memang sudah biasa dialami oleh semua orang yang berumur. Baik perempuan maupun pria semua memiliki resiko yang sama dan mengalami permasahan sendi seiring bertambahnya umur. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh coorporate health trainer penurunan hormon pertumbuhan pada orang yang berumur akan berdampak terhadap fungsi kerja otot-otot yang ada pada paha depan, belakang dan betis.

Hal ini wajar terjadi mengingat otot menjaga stabilisasi sendi lutut. jadi ketika masa otot tersebut berkurang, secara tak langsung stabilisasi pun berkurang dan beban di lutut semakin banyak. Meski hal ini lazim bukan berarti boleh diabaikan karena pada dasarnya kita tetap harus menjaja dan memelihara kesehatan sendi. Mungkin masalah sendi tidak sampai membuat nyawa melayang namun para penderitanya tidak akan bisa bebas bergerak lagi.

Setelah mengetahui dampak negatif yang akan diterima, sudah saatnya kita mulai memikirkan cara pencegahannya. Adapun untuk mencegah peradangan sendi kita harus mulai dari gaya hidup yang sehat terlebih dahulu yang kemudian diimbangi dengan olahraga teratur. berikut ini adalah olahraga simple yang bisa membantu merawat sendi lutut agar tetap sehat.

  1. Squat

Latihan ini bertujuan untuk memperkuat otot-otot yang terletak pada paha, pinggul, bokong serta bisa memperkuat tulang. Dalam prakteknya squat (gerakan jongkok-berdiri) melibatkan banyak sekali otot sehingga mampu merangsang pengeluaran hormon pertumbuhan. Oleh karena itu jangan heran jika squat sering disarankan untuk orang yang ingin menambah massa otot.

  1. Leg Curl

Latihan ini biasanya digunakan untuk melatih otot=otot yang ada pada bagian paha belakang. Ada beberapa variasi dalam pelaksanaanya yakni dari posisi berdiri, telungkup dan berbaring.

  1. Calves raise

Olahraga ini cocok sekali untuk melatih betis. Caranya cukup mudah, buka kaki anda selebar pinggul lalu coba jinjit dengan keadaan kaki yang tetap lurus. Tahan dan turun lakukan secara berulang.

Meskipun ketiga latihan diatas bisa menjaga kesehatan lutut, namun tak ada salahnya juga anda menambahkan suplemen agar lebih maksimal. Tubuh membutuhkan omega 3 dan vitamin C untuk membantu pembentukan sel-sel baru. Sehingga anda bisa mulai mengonsumsi makanan yang mengandung dua zat tersebut.

Start the Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*