4 Masalah Genset yang Sering Terjadi dan Penyebabnya

Beberapa gejala ketika terjadi kerusakan pada genset adalah mesin tidak mau start, bisa nyala tetapi tidak lama kemudian mati lagi, tegangan tidak sesuai dan munculnya asap tebal hitam ketika nyala. Dibawah ini sudah kami rangkumkan beberapa masalah dan cara mengatasinya.

Mesin Genset Tidak Bisa Nyala

Genset yang tidak mau menyala biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti adanya permasalahan pada aki. Coba periksa aki jika ternyata kondisi aki masih baik-baik saja dan bekerja normal berarti ada kemungkinan jika kerusakan ada pada motor starter. Jadi meski aki normal namun jika starter bermasalah mesin tidak akan bekerja. Selain itu juga bisa cek tekanan udara dalam tangki. Terlalu rendahnya tekanan angin bisa menjadi faktor mogok sebuah genset.

Genset Nyala sebentar kemudian Mati

Ada banyak penyebab terjadinya masalah ini namun biasanya para teknisi akan mengecek bagian ruang bakar terlebih dahulu. mereka akan mengecek kondisi bahan bakar banyaknya uap air bisa menganggu kinerja mesin genset. Selain itu jangan lupa pula untuk mengcek bagian pompa bahan bakar.  Katup ini seringkali mengalami penyumbatan sehingga membuat genset mendadak mati setelah dinyalakan.

Setelah memastikan ruang pembakaran anda bisa mengcek sirkulasi udara karena pada dasarnya genset juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk tetap bekerja. Selain  sirkulasi biasanya pada filter udara juga kotor. Oleh karena itu biasanya teknisi slelau menyarankan untuk cek kondisi secara ruti saringan udara.

Penyebab terakhir dari genset yang suka mendadak mati ada pada bagian timing injection dimana biasanya timingnya menjadi terlalu cepat sehingga perlu di kalibrasi ulang.

Genset Nyala Namun Tidak Keluar Tegangan

Pada kasus ini biasanya ditandai dengan tidak adanya tegangan sama sekali atau keluar namun tidak sesuai. Setidaknya ada beberapa titik poin yang perlu anda check untuk memastikan penyebab kasis seperti ini.

– Cek Kabel Output

– Cek Bagian Indikator voltmeter

– Cek Bagian AVR, Bisa jadi pengaman AVR bekerja atau justtru AVR sudah mulai rusak

– Varistor mengalami kerusakan

– Rectifier bermasalah

– Gulungan pada exciter rusak

– Putaran bermasalah, terlalu tinggi atau rendah RPM mesin membuat tidak stabilnya tegangan

– Adanya permasalahan pada potensio trimming

– Stator error

Asap Tebal dan Hitam

Saat genset mengeluarkan asap tebal dan hitam biasanya ada permasalahan pada proses pembakaran, bisa jadi karena kelebihan supply solar. Kelebihan supply ini biasanya karena kurang sesuainya penyetelan atau nozel mulai aus.

Itulah 4 maslaah genset yang sering terjadi, jika anda sedang mencari sparepart genset dengan harga murah dan jaminan original silahkan cek di https://www.abcpowergenset.com/harga-genset/.

Start the Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*